WhatsApp Image 2023-10-19 at 10.44.19
CERPEN : “HARI-HARIKU”

 

Karya: Zhahira 

 
Jam menunjukkan pukul 05.30, setiap kali mama membangunkanku untuk shalat. Terkadang aku berkata kepada mama “sebentar lagi ya ma…… bentar lagi…..” Tetapi mama selalu membangunkanku dengan cara menggelitik kakiku, sampai aku tidak bisa tertidur lagi. Kemudian aku bergegas ke kamar mandi untuk berwudhu. Kami pun shalat bersama-sama sedangkan adik kecilku tertidur lelap sampai mulutnya terbuka. Kadang-kadang aku tertawa sendiri melihatnya. 

Setelah shalat aku pun membantu mama membersihkan tempat tidur, kemudian membantu mama didapur. Jam pun menunjukkan pukul 06.30, aku pun bergegas ke kamar mandi untuk mandi. Setelah siap memakai seragam sekolah, aku pun bergegas untuk sarapan. Pukul 07.00 aku berangkat kesekolah diantar oleh ayah. Jalan menuju sekolah ku dikelilingi oleh sawah, udara begitu sejuk membuatku begitu semangat menuju kesekolah untuk mencari ilmu, ciptaanMU begitu indah. Kata-kata itu selalu terlintas dalam pikiranku setiap aku melihat sawah dan pegunungan dipagi hari. 

Sesampai disekolah aku belajar bersama teman-teman. Alhamdulillah temanku semua baik hati. Bagiku mereka semua sangat menyenangkan. Alhamdulillah juga disekolahku gurunya semua ramah-ramah dan baik. Bagiku mereka adalah orang tua keduaku, karena selain orang tuaku guru juga berperan penting dalam kehidupanku. Dirumah mama dan ayah yang selalu mendidik dan membimbingku. Sedangkan disekolah guru lah yang selalu mendidik dan membimbingku. 

Mama dan ayah selalu menasehatiku, Nak…. Jadilah anak yang berguna. Sesampai disekolah berbuat baiklah kepada semua temanmu dan patuhilah peraturan yang ada disekolah serta sayangi dan hormatilah guru-gurumu karena merekalah kamu mendapat banyak ilmu. Walaupun kamu tak bisa membalas jasa mereka setidaknya layangkanlah doa kepada Allah semoga Allah SWT selalu memberikan mereka kesehatan, berkah umurnya dan dijauhkan dari segala marabahaya. Aku selalu mengingat nasehat orang tuaku. 

Jam menunjukkan pukul 13.05 waktunya aku pulang sekolah, aku menunggu jemputan ayahku. Sesampai dirumah aku mandi kemudian shalat Zhuhur setelah itu aku lanjut makan siang. Selesai makan siang aku bergegas menuju kesekolah,menuju sekolah lagi karena aku lanjut bimbingan Olimpiade IPA bersama empat orang teman ku yang lain. Kami dibimbing oleh ibu Afni, beliau begitu baik dan aku mendapat begitu banyak ilmu dari beliau. Semoga di olimpiade kali ini kami menang. 

Jam pun menunjukkan pukul 16.00 waktunya pulang dari sekolah, sesampai dirumah aku shalat dn kemudian istirahat sebentar kemudian aku lanjut pergi ngaji lagi. Pukul 18.00 pulang dari tempat ngaji aku mandi, selesai mandi aku duduk sebentar sambil menunggu azan magrib. Selesai shalat magrib aku makan dan setelah itu lanjut pergi ngaji malam. Pukul 20.30 aku pulang dari ngaji aku belajar sambil membuat PR. 

Pukul 22.30 aku menuju ke kamar untuk tidur. Inilah cerita keseharianku. Semoga Allah selalu memberi kesehatan, berkah umur untuk orang tuaku, guru-guruku, ustad beserta teman-temanku. Agar kami selalu bisa menjalani hari-hari dengan penuh semangat untuk mencari ilmu.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Prestasi Literasi Sekolah

DATA PRESTASI PESERTA DIDIK TAHUN 2019 – 2023 NO. NAMA PESERTA DIDIK JUARA BIDANG LOMBA TINGKAT 1 MUHAMMAD IRSYAD I OLIMPIADE IPA LEVEL 1 NASIONAL 2 DI AHMAD UMRAITHI I OLIMPIADE IPA LEVEL 2 NASIONAL 3 AHMAD ARIB I OLIMPIADE MTK LEVEL 2 NASIONAL 4 AHMAD ARIB III OLIMPIADE POSI (IISC) NASIONAL 5 AHMAD AFKAR

Baca selengkapnya...