Picture1
MIN 27 MEMBAWA PULANG 5 JUARA DALAM KEGIATAN UNITY CAMP ALIHASYIMI

Jumat 17 november 2023, MIN 27 Aceh Besar melepas 20 peserta pramuka Perempuan dan laki laki untuk bersaing dalam kegiatan Unity camp Aliha dan di dampingi oleh 5 guru yang di tugaskan langsung oleh Kamabigus Naswati,S.Ag.

Kegiatan ini dikuti oleh 8 sekolah yaitu 6 tingkat SMP/MTs dan 2 lagi di jenjang SD/MI. kegitan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran siswa siswi khususnya adik adik pramuka bahwa Latihan itu penting dan kompetisi tidak hanya sesuai jejang sekolah saja namun bisa juga berkompetisi melawa sekolah yang jenjangnya lebih tinggi dari kita.

Kegiatan ini di laksanakan selama 3 hari yaitu hari jumat, sabtu dan hari minggu. Pembukaan kegiatan dilaksanakan disore hari jumat. Ada beberapa anggota MIN 27 Aceh Besar yang menjadi petugas upacara yaitu Raisul dan Pangeran bertugas sebagai tim penaikan bendera dan Jihan talita bertuhas sebagai peserta yang menerima simbolis pemakaian id cart. Kegiatan ini di buka langsung oleh kepala sekolah alihasyimi.

Kegiatan ini sangat seru dan menantang, begitu banyak hal baru yang didapatkan anak dalam kegiatan ini, seperti cara mendirikan tenda, berkomunikasi dengan regu lainnya yang berbeda sekolah bahkan sampai berbeda jenjang sekolah dengan adik adik peramuka MIN 27 Aceh Besar.

Hari kedua kegiatan dilaksanakan yaitu dengan mengikuti kegiatan lomba PBB anak begitu antusias hingga rela menunggu giliran dengan tertip walau cuaca sedang panas panasnya kegiatan ini berlanjut hingga siang hari. Setelah melaksanakan solat baru adik-adik melanjutkan kegiatan yaitu lomba rangking 1.

Dipenghujung kigiatan ini, diumumkan nanti malam adik-adik pramukan anak melaksanakan kegiatan pensi dan api unggun. Semua peserta jadi panik karna suasananya sudah hujan dan pensi direncanakan tidak tampil. Namun pada akhirnya MIN 27 Aceh Besar berhasil mengisi dua tampilan untuk memeriahkan pensi dalam kegiatan ini yaitu Nafla syakira membawakan sebuah dongeng dan tim yang lainnya membawakan tarian wonderline. Kegiatan begitu meriah hingga waktu api unggun tiba, anak mengikuti kegiatan dengan begitu semangat dan gembira walau cuaca sedang hujan.

Semua kontingen menikmati kegiatan malam dengan senang, hingga hal tak terduga terjadi, semua peserta bumi perkemahan kebanjiran tendanya, Mengakibatkan beberapa kontingen harus di evakuasi ke tempat yang kering dan layak tidur, di antara yang harus dievakuasi salah satunya kontingen MIN 27 Aceh Besar regu putri. Suasana hujan bukannya membuat anak panik malah senang , kegiatan malam ini ditutup dengan mengevakuasi adik-adik.

Minggu pagi merupakan kegiatan puncak dari acara Unity Camp ini. Semua anak Bersiap untuk mengikuti kegiatan hiking, mulai dari mempersiapkan barang bawaan hingga menunggu waktu berangkat. Suasana semakin panas tiba saat anak anak akan berangkat untuk mengikuti kegiatan hiking, dengan di damping oleh kakak Pembina. Anak berangkat hiking menyusuri jalan setapak dihutan. Sepanjang perjalan anak menemukan banyak hal baru muali dari tanaman hutan yang bisa dimakan hingga mencicipi beberapa buah buahan hutan yang belum pernah mereka rasakan.

Perjalanan sangat menantang dengan medan yang sedikit berlumpur dan menanjak, cuaca yang panas, dan terkadang ada batu kerikil di turunan membuat adik-adik susah berjalan, ditambah lagi dengan adanya beberapa pos yang anakan menguji lomba anak membuat suasana semakin menantang. Namun semua berjalan dengan lancer dan menyenangkan bagi anak.

Dalam kegiatan ini terdapat 7 mata lomba yang dipertandingkan yaitu Pidato, Azan, Rangking 1, Lkbb, SANSEMO (Sandi Semapure Morse), Kompas dan yang terakhir Menaksir. Dari semua mata loba MIN 27 Aceh Besar berhasil meraih juara beberapa mata lomba yaitu, Juara 1 Kompas, Juara 3 Sansemo, Juara 2 Lkbb, Juara 3 Sansemo Putra, Juara 2 Pidato.

peserta MIN 27 Aceh Besar pulang Kembali ke pangkalan pada minggu pukul 18.00. kepulangan mereka telah ditunggu-tunggu oleh tim penyambutan dari MIN 27 Aceh Besar, diantaranya guru dan wali murid yang telah mengikuti kegiatan tersebut. Perjalan pulang begitu mengharukan Ketika mobil yang membawa anak berhenti di depan sekolah disambut oleh para guru dan orang tua. Hingga puncak penyambutan acara guru memberikan apresiasi kepada peserta pramuka dan di tutup dengan peserta di jemput pulang kerumah oleh orang tua masing masing.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Prestasi Literasi Sekolah

DATA PRESTASI PESERTA DIDIK TAHUN 2019 – 2023 NO. NAMA PESERTA DIDIK JUARA BIDANG LOMBA TINGKAT 1 MUHAMMAD IRSYAD I OLIMPIADE IPA LEVEL 1 NASIONAL 2 DI AHMAD UMRAITHI I OLIMPIADE IPA LEVEL 2 NASIONAL 3 AHMAD ARIB I OLIMPIADE MTK LEVEL 2 NASIONAL 4 AHMAD ARIB III OLIMPIADE POSI (IISC) NASIONAL 5 AHMAD AFKAR

Baca selengkapnya...