Peserta didik MIN 27 Aceh Besar mengikuti sosialisasi Psikoedukasi mencari kesenangan diluar layar bersama mahasiswa Kedokteran Unsyiah Jurusan psikologi

Oleh: Persgu (Nur Afni, S.Pd.I)

Peserta didik MIN 27 Aceh Besar mengikuti sosialisasi Psikoedukasi mencari kesenangan diluar layar bersama mahasiswa Kedokteran Unsyiah Jurusan psikologi


Aceh Besar _ Peserta didik MIN 27 Aceh Besar mendapatkan tambahan ilmu yang sangat banyak dari Mahasiswa kedokteran Unsyiah sabtu 19 Mei 2024 berlangsung di mushalla dan halaman madrasah,ilmu yang sangat berguna di era Gen Alfa ini yaitu ilmu tentang bagaimana cara menggunakan gadget dengan bijak sehingga tidak merugikan diri sendiri.Ada game berupa jam dinding yg di dalamnya berisikan…..????bermain bersama,mkn siang,shalat,tidur siang,jalan jalan bersama keluarga,bermain gadget, shalat subuh berjamaah,olah raga bersama keluarga,sarapan,bersiap untuk bermain bersama teman di lapangan,anak anak sangat antusias mendengar arahan kakak kakak mahasiswa. bahkan peserta didik terlihat asik dan menikmati sekali permainannya.
Kecanduan gadget adalah perilaku keterikatan pada penggunaan gadget secara berlebihan yang mengakibatkan gejala-gejala negatif pada diri si anak baik fisik maupun mental. Bermain gadget setiap waktu luang menimbulkan rasa gelisah sehingga Ketika tidak bermain gadget marah kepada orang tua karena tidak diberikan izin bermain dan mengakibatkan anak malas/tidak ingin melakukan aktifitas lain. Nah dampak buruk lainnya dari kecanduan  gadget sangatlah berbahaya seperti panik,merasa kesepian,gangguan pada mata,pola tidur,dan sulit untuk fokus.
Disela-sela pemberian materi anak-anak di berikan beberapa pertanyaan yang disambut dengan sangat antusias terbukti dari anak anak berebut untuk menjawab semua tunjuk tangan ingin menjawab pertanyaan yang diajukan seperti ” Apakah kamu pecandu gadget?” Sausan dan daifullah Alsyabir mendapatkan bingkisan dari kakak mahasiswa karena berhasil menjawab pertanyaan tersebut.Anak-anak ada yang di beri pertanyaan apa guna gadget dan berapa lama waktu mereka bermain gadget.
Maka dari itu kita disarankan untuk mengunakan gadget sebijak mungkin agar tidak merugikan diri sendiri dan untuk anak-anak usia di bawah 2 tahun disarankan agar tidak bermain gadget,anak usia 2-5 tahun jikapun tetap bermain gadget maka hanya dibolehkan 1 jam sehari, untuk anak yg usia 6 tahun keatas hanya dibenarkan bermain gadget 2 jam sehari.

 

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Prestasi Literasi Sekolah

DATA PRESTASI PESERTA DIDIK TAHUN 2019 – 2023 NO. NAMA PESERTA DIDIK JUARA BIDANG LOMBA TINGKAT 1 MUHAMMAD IRSYAD I OLIMPIADE IPA LEVEL 1 NASIONAL 2 DI AHMAD UMRAITHI I OLIMPIADE IPA LEVEL 2 NASIONAL 3 AHMAD ARIB I OLIMPIADE MTK LEVEL 2 NASIONAL 4 AHMAD ARIB III OLIMPIADE POSI (IISC) NASIONAL 5 AHMAD AFKAR

Baca selengkapnya...